BARET HITAM BERJAYA DIRANGKAIAN HARI JUANG KARTIKA KE-64

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HJK tersebut. Kodam II/Swj mengadakan berbagai macam rangkaian kegiatan acara. Diantaranya Dasalomba, Ton Beranting, Upacara dan demonstrasi yang berada di dua tempat yaitu Lahat dan Palembang. Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan lagi motivasi pada diri prajurit dan menggambarkan suatu bentuk perjuangan akan terbentuknya TNI Angkatan Darat.

Dasalomba yang merupakan suatu gebrakan dari Pangdam II/Swj bertujuan untuk mencari bibit prajurit tercakap yang memiliki kemampuan yang mahir dalam olah raga militer. Lomba yang bertajuk pencarian prajurit tercakap diikuti oleh prajurit terbaik di masing-masing satuan di seluruh Kodam II/Swj baik satuan tempur, satuan bantuan tempur, maupun satuan bantuan administrasi.

Mekanisme perlombaannya adalah setiap satuan berhak mengirimkan tiga tim, sehingga keseluruhan dalam Dasalomba tersebut berjumlah 39 tim untuk beradu otak dan otot. Dalam tiap tim berisi dua prajurit yang handal untuk menaklukan setiap pos dalam dasalomba. pos yang diberikan terdiri dari sepuluh pos diantaranya mountaineering, halang rintang, navigasi darat, renang militer dan serangkaian pos bergengsi lainnya. Dalam hal ini Yonkav 5/serbu yang mengusung misi menjadi juara mengirimkan 3 tim terbaiknya untuk beradu tangkas menunjukkan diri menjadi seorang prajurit yang profesional.

Melalui usaha yang tidak kenal menyerah Yonkav 5/Serbu berhasil menempatkan diri pada peringkat 2 dan 3. Event yang akan diselenggarakan rutin selama tiga bulan sekali ini, merupakan suatu upaya Kodam II/Swj menyeleksi prajurit tercakap dan terbaik dari seluruh satuan di wilayah Kodam II/Swj.

Dalam rangkaian kegiatan yang ke dua adalah upacara memperingati Hari Juang Kartika. Dalam upacara yang digelar di Lahat ini terdapat beberapa acara diantaranya upacara itu sendiri dan dilanjutkan demonstrasi dari masing-masing satuan. Dengan kreativitas dan kemampuan yang dimiliki, Yonkav 5/Serbu menampilkan kesenian Debus Yonkav 5/Serbu. Kesenian ini merupakan salah satu kesenian yang harus dijaga kelestariannya.

Bukan bermaksud pamer kekuatan namun hal ini hanya bertujuan untuk menunjukkan semangat dalam diri prajurit dan untuk menunjukkan bahwa prajurit tak gentar dalam menghadapi setiap rintangan apapun. Dalam format yang sedikit ekstrim para prajurit Yonkav 5/Serbu termasuk Komandan Batalyon dan Wakil Komandan Batalyon menunjukkan kebolehannya menampilkan beberapa pertunjukkan diantaranya cuci tangan dengan air keras, membengkokkan besi dengan badan, menusuk anggota tubuh dengan jarum, berguling di pecahan kaca  Dan masih banyak rangkaian gerakan lainnya berbahaya lainnya.

Demonstrasi debus yang ditampilkan di Lahat tersebut ditampilkan kembali di areal BKB Palembang dengan format dan penampilan yang dikemas lebih atraktif saat upacara penutupan rangkaian HJK. Dalam seluruh rangkaian kegiatan HJK tersebut Yonkav 5/Serbu berhasil menunjukkan prestasi yang cemerlang dalam bidang oramil dan penampilan kreatifitas satuan yang atraktif melalui pertunjukkan debus Yonkav 5/Serbu. Hal ini sangat senada

Satu komentar

  1. Parta Dirja

    jayalah blackberret jangan lupo dgn kito mantan yonkav 5

Beri komentar