BATALYON KAVALERI 5/SERBU MELAKSANAKAN LOMBA BINSATKAV TA.2012

Pembinaan satuan merupakan salah satu tugas pokok bagi setiap Komandan satuan dalam rangka meningkatkan mutu dan kemampuan satuannya. Banyak hal yang dilakukan dalam melakukan pembinaan satuan baik pembinaan personil, materil, piranti lunak serta pembinaan pangkalan. Dalam hal ini Pusenkav selaku lembaga tertinggi yang membawahi seluruh satuan Kavaleri di seluruh Indonesia melakukan Lomba Pembinaan Satuan.

Lomba Pembinaan Satuan atau yang sering disebut Lomba Binsat adalah salah satu upaya untuk menentukan satuan yang terbaik dalam melakukan upaya pembinaan satuan. dalam lomba ini akan ditentukan satuan mana yang berhak untuk menyandang gelar sebagai satuan terbaik dalam melaksanakan pembinaan satuan. ada beberapa aspek penilaian yang dittik beratkan dalam melakukan lomba ini. diantaranya aspek bin personil, pangkalan, piranti lunak maupun materil dari satuan tersebut.

Dalam perlombaan ini bertindak sebagai tim penilai langsung dari tim penilai Pussenkav yang diketuai oleh Kolonel Kav Sadio serta anggota tim Kolonel Kav Mindarto dan Mayor Kav Gunari. Mekanisme penilaiannya adalah Tim penialai mengunjungi setiap satuan Kavaleri yang ada di seluruh Indonesia selama kurang lebih tiga hari untuk melaksanakan penilaian setelah itu hasil yang telah didapat dikalkulasi dan ditetntukan pemenangnya.

Kegiatan penilaian di Batalyon Kavaleri 5/Serbu dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari tanggal 22 sampai dengan tanggal 24 Oktober 2012. Kegiatan penilaian yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober adalah penilaian terhadap pangkalan, Apel kesiapsiagaan operasi dan administrasi staf 1 dan staf 3. Penilaian pangkalan merupakan salah satu penilaian terhadap pembinaan pangkalan, penilaian dilakukan pada seluruh bagian dari Kompleks Batalyon Kavaleri 5/Serbu diantaranya barak Prajurit Bujangan, Kantor Kompi, Perumahan Prajurit, gudang senjata, garasi ranpur, gudang munisi, masjid, posyandu, ton kes, toga, serta gudang BBM. Aspek penilaiannya adalah berupa kebersihan, kerapihan serta tata ruang dalam penyususnan setiap obyek yang dilaksanakan penilaian.

Selanjutnya adalah penilaian dalam kesiapsiagaan kompi penugasan operasi. Dalam keadaan yang tidak kondusif setiap satuan Batalyon harus senantiasa siap untuk melakukan tugas operasi dengan waktu yang singkat diharapkan personil yang dibutuhkan dapat tersedia untuk melaksanakan tugas tersebut. baik kendaraan maupun perlengkapan dari setiap prajurit harus siap digunakan. Untuk itu kesiapsiagaan operasi juga dilombakan dalam lomba binsat ini. dengan aba-aba macan merah maka satu kompi siaga yang disiapkan untuk kesiapsiagaan bergerak berkumpul untuk melaksanakan apel dalam rangka siap berangkat operasi. Dengan koordinasi yang baik karena telah sering melaksanakan kegiatan tersebut maka kegiatan ini tidaklah berat dalam waktu singkat personil beserta perlengkapannya mampu berkumpul dengan ranpurnya. Setelah itu dilaksanakan gelar perlengkapan terhadap isi ransel yang akan di bawa untuk tugas operasi.

Kegiatan hari pertama berlajut pada penilaian terhadap administrasi staf 1 dan 3. Merupakan salah satu  penilaian terhadap pembinaan piranti lunak yang ada di satuan. pengecekan bertitik tolak pada berkas administrasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan selama ini. satuan yang baik adalah satuan yang senantiasa akan menyimpan berkasnya dengan rapi serta tersusun dengan sempurna apabila dibutuhkan dapat dengan cepat ditemukan.

Kegiatan dilanjutkan pada hari ke dua yaitu tanggal 23 Oktober 2012. Kegiatan pada hari ke dua ini banyak dilakukan penilaian pada personil batalyon. Kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah kegiatan uji petik tentang kesamaptaan jasmani. Upaya penilaian yang bertujuan untuk menilai kemampuan jasmani dari setiap personil anggota Batalyon. Kegiatan ini diambil 30 orang personil yang ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan tes kesegaran jasmani. Kegiatan selanjutnya dilakukan tes teori terhadap beberapa perwira dengan materi taktik umum, otomotive, radio dan pengetahuan Militer Umum. Kegiatan penilaian terhadap pembinaan personil terakhir adalah renang militer dengan jarak 50 meter dengan menggunakan helm dan senjata serta pakaian PDL. Di dalam batalyon di waktu yang bersamaan juga dilaksanakan penilaian administrasi pada staf 2 dan 4. Sama halnya dengan penilaian pada staf 1 dan 3 bertujuan menilai berkas administrasi dari masing-masing staf tersebut. rangkaian kegiatan tersebut sekaligus menutup kegiatan penilaian lomba binsat di kompleks mako Yonkav 5/Serbu.

Kegiatan hari terakhir dilaksanakan di Kompi Panser 51 yang tetap merupakan bagian dari Yonkav 5/Serbu namun memiliki tempat yang terpisah dan berada di kota Palembang. Kegiatan tak jauh berbeda dengan kegiatan di Mako bertitik berat pada pelaksanaan uji materi terhadap 10 orang anggota, penilaian terhadap pangkalan serta pengetahuan tata tembak kanon saladin. Rangkaian kegiatan tersebut sekaligus menutup kegiatan penilaian terhadap  lomba binsat di Yonkav 5/serbu

2 komentar

  1. badrun

    semoga tetap berkibar Yonkav 5….

Beri komentar