PEMBEKALAN BINTAL TENTANG BAHAYA DAN PENENAGGULANGAN NARKOTIKA

kata sambutan danyonkav 5/serbu yang diwakilkan oleh Pabintal yonkav 5/Serbu

Senin, 20 mei 2013. Batalyon Kavaleri mengadakan acara bintal tentang penanggulangan bahaya narkotika yang dihadiri oleh seluruh anggota Yonkav 5/Serbu Sriwijaya dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XII. Sebagai penyampai materi yaitu anggota Bintal Kodam 2/Sriwijaya, Mayor Inf Drs Saebudin. Dalam acara tersebut, Pabintal Yonkav 5/Serbu Sriwijaya mewakili komandan batalyon yang sedang berhalangan hadir menyampaikan rasa terima kasih kepada Mayor Inf Drs Saebudin atas kedatangannya dan menyampaikan bimbingan mental di Yonkav 5/Serbu. Selanjutnya Mayor Inf Drs Saebudin menyampaikan bimbingan mental bahwasanya maraknya peredaran dan bisnis narkotika di indonesia yang dilakukan oleh kelompok turis asing maupun oknum masyarakat indonesia dan melibatkan oknum TNI, POLRI, dan bahkan PNS. Keadaan tersebut sudah masuk ke wilayah kodam II/SWJ, yang merupakan lahan empuk untuk mengedarkan narkotika dan bila kurang waspada, masyarakat, prajurit, PNS, dan Keluarga, akan terjebak dalam penyalahgunaan napza/narkotika. untuk itu tni ad dalam hal ini Kodam II/SWJ serius untuk perangi narkotika. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Sebagaimana kita ketahui bahwa narkotika banyak sekali jenisnya sampai 165 macam. Untuk itu kita sebagai prajurit harus mengetahui sedikit demi sedikit narkotika yang ada. setidaknya sampai tahun 2013 ini terdapat 4 juta orang yang terkena ketergantungan/memakain narkoba dan di prediksikan pada tahun 2015 nanti bakal meningkat menjadi 5,1 juta orang. Manusia adalah makhluk mulia terhormat yang memiliki akal/intelegensia, perasaan/qalbu dan bentuk rupa yang sempurna. disamping itu manusia merupakan makhluk terpercaya sebagai pemimpin. Untuk melestarikan kesempurnaan manusia, manusia harus dapat memelihara agama, jiwa, harta, akal dan keturunannya. narkoba dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dalam kehidupan kita.

Yang pertama, narkoba dapat merusak jiwa/tubuh, harta, akal dan keturunan manusia itu sendiri.

1. Bagi Diri Kita Sendiri :

a. Menjadi pemurung, pemarah, melawan dan memberontak.

b. Sikap masa bodoh, hilangnya ingatan, dada terasa nyeri dan dihantui rasa waswas serta pesimis dan apatis.

c. Semangat belajar semakin menurun dan suatu ketika bisa seperti orang gila.

d. Tidak segan menyiksa diri karena ingin menghilangkan rasa nyeri atau sifat ketergantungan terhadap pengaruh obat bius, ingin mati bunuh diri.

e. Menjadi pemalas, murung bahkan hidup santai semaunya sendiri.

f. Bagi anak-anak sekolah, prestasi belajarnya menurun karena banyak berhayal dan beranganangan sehingga merusak kesehatan dan mental.

g. Pemicu timbulnya pemerkosaan dan sex bebas mengalami penyakit HIV dan AIDS.

 

2. Bagi Keluarga :

a. Tidak segan mencuri uang mlk ortu/suami/isteri

b. Sudah tidak bisa lagi menjaga etika dan sopan santun

c. Kurang menghargai harta bendanya.

d. Mencemarkan nama baik orang tua dan keluarga.

 

3. Bagi Sosial :

a. Berbuat tidak senonoh secara bebas dan mendapat hukuman dan sangsi masyarakat.

b. Mencuri barang/uang orang lain.

c. Mengganggu ketertiban umum, seperti ngebut di jalanan (geng motor).

d. Kurangnya rasa kpdulian sosial.

4. Bagi Bangsa Dan Negara :

a. Rusaknya pewaris bangsa yang seyogyanya siap untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa

b. Hilangnya rasa patriotisme atau rasa cinta bangsa

c. Peyelundupan narkotika akan meningkat

d. Bangsa dan Negara kehilangan identitas disebabkan karena perubahan nilai budaya.

 

Kedua, harta. narkoba membutuhkan uang yang cukup besar tanpa batas/limit, mengalami kebangkrutan usaha, dilanda kemiskinan, biaya penyembuhan yang sangat mahal, uang hanya dihabiskan untuk mengkonsumsi racun yang dapat merusak tubuh dan jiwa manusia.

Ketiga, akal. dampak lain yang disebabkan narkoba adalah terganggunya fungsi otak dan saraf, tidak mampu membedakan baik dan buruk, otak melemah sehingga kemampuan belajar menurun, laka lantas dan tindak kriminal meningkat, rusaknya hubungan kekeluargaan dan kehilangan akal sehat, depresi, gelisah dan lain-lain.

Keempat, keturunan. dampak narkoba dari sisi keturunan diantaranya adalah anak pecandu narkoba akan menderita penyakit kejang urat, fisik lemah, cacat bawaan dan tengkorak otak tidak sempurna, menularkan HIV/AIDS, emosi tidak seimbang dan mudah terserang penyakit.

 

Faktor-faktor penyebab kecanduan narkoba diantaranya :

a. Kurangnya iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa.

b. Salah pergaulan.

c. Awalnya hanya ikut-ikutan, mencoba/ingin merasakan, akhirnya kecanduan.

d. Mencari keuntungan/kekayaan pribadi yang sesaat.

Untuk mengatasi hal diatas, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan agar terhindar dari narkoba, untuk anggota yang telah berkeluarga meliputi meningkatkan iman dan taqwa, meningkatkan peran keluarga, penanaman nilai secara dini dan meningkatkan peran orang tua. sedangkan upaya yang dilakukan pemerintah meliputi memutus mata rantai predaran narkotika,menegakan supremasi hukum, melaksanakan pengawasan yang ketat peredaran narkotika serta berantas narkotika sampai akar.

pembekalan bintal oleh Mayor Inf Drs. Saebudin

 

 

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar