Sidang Penjatuhan Hukuman Disiplin Batalyon Kavaleri 5/Serbu Kodam II/Sriwijaya

anggota yang menjalani sidang disiplin

Senin (3/6) Sidang penjatuhan hukuman disiplin Militer oleh Komandan Batalyon kavaleri 5/serbu Letnan Kolonel Sugi Mulyanto selaku atasan yang berhak menghukum, dalam rangka menjatuhkan hukuman disiplin Militer yang dilakukan oleh Atasan yang Berhak Menghukum. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggat 03 Juni 20013 bertepat di Aula Samsul Bahri Yonkav 5/ Serbu.

 

Dalam siding tersebut terdapat 4 orang terdakwa penerima hukuman, yang terdiri 1 (satu) Bintara yaitu Sersan Satu Ami Suryo Baskoro dan 3 (tiga) tamtama yaitu Kopral Kepala Iskandar, Kopral Satu Sugiharto dan Prajurit Satu Engkus Kustiwa.

 

Hadir dalam sidang tersebut yaitu seluruh perwira dan bintara berpangkat Sersan Satu keatas.

 

Dalam keputusan Atasan yang Menghukum, dari keempat terhukum tersebut mendapat hukuman ringan dengan penahanan paling lama 14 hari terhitung dari tanggal 3 Juni 2013. Akan tetapi dilihat dari kesalahan keempat anggota tersebut hukuman tahanan batalyon yang diterima oleh Kopral Satu Sugiharto lebih berat yaitu 14 hari, sedangkan Sersan Satu Ami Suryo Baskoro tahanan batalyon 12 hari dan untuk Kopral Kepala Iskandar dan Prajurit Satu mendapatkan masa tahanan selama 7 hari.

 

Dalam amanatnya Komandan Batalyon Kavaleri 5/Serbu Letnan Kolonel Sugi Mulyanto selaku atasan yang berhak menghukum menekankan agar setiap prajutit tidak meniru kelakuan dari keempat anggota tersebut karena sangat merugikan orang lain, lebih baik tidak membantu apabila tidak bisa membantu dan jangan menambah rumit suatu permasalahan. Disiplin merupakan modal dasar dalam kehidupan prajurit, karena dengan disiplin, prajurit dapat melaksanakan tugas-tugas yang diembankan kepadanya dengan baik dan dengan diberikannya hukuman disiplin kepada prajurit yang melakukan pelanggaran disiplin juga merupakan bentuk tindakan punishment untuk menimbulkan efek jera dalam rangka pencegahan agar setiap prajurit tidak melakukan pelanggaran disiplin baik disiplin murni maupun tidak murni seperti yang tercantum pada KUHDM (Kitab Undang-Undang Hukum Disiplin Militer).

 

Dalam kesempatan tersebut komandan memberikan hak-hak terhukum apabila merasa keberatan terhadap putusan yang diambil oleh Ankum, terhukum dapat melakukan mengajukan keberatan setelah 4 hari setelah dibacakan hasil sidang tersebut serta terhukum dapat berkonsultasi dengan didampingi oleh 2 (dua) orang perwira dalam berkonsultasi. Karang Endah (3/6).

terdakwa pelanggaran disiplin menandatangani hasil sidang disiplin

anggota yang melaksanakan sidang disiplin

anggota Yonkav 5/Serbu melaksanakan sidang disiplin

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar