YONKAV 5/SERBU LAKSANAKAN SOLAT IDUL ADHA

Karang endah (5/10), Danyonkav 5/Serbu Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra beserta Warga Yonkav 5/Serbu serta masyarakat sekitar Asrama Militer Yonkav 5/Serbu melaksanakan Shalat Idul Adha berjamaah bertempat di Masjid At-Taqwa Selaku Imam dan kotib adalah KH. Karim Umar dari Pondok Pesantren Raudhatul ulum, dalam acara tersebut kotib menyampaikan bahwa, secara syariat qurban adalah penyembelihan hewan tertentu, seperti hewan Unta, Sapi, Kerbau dan kambing dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengharap rido dari-Nya, yang dilakukan pada waktu tertentu setelah Shalat Idul Adha 10 Dhulhijjah dan hari-hari Tasyrik 11,12,13 Dulhijjah.

 

IMG_6435

 

Suasana Sholat Idul Adha di Masjid At-taqwa Yonkav 5/Serbu

Pada perayaan hari raya Idul Adha kali ini mengambil tema Dengan Hikmah Idul Adha Tahun 1435H/2014M Kita Mantapkan Kebersamaan Prajurit TNI dan Dengan Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Dalam ulasan khotbahnya kotib menyampaikan bahwa, Qurban adalah satu ritualitas agama yang dimensi sosialnya kental. Dengan berqurban seorang muslim merasakan dirinya dekat dengan Allah SWT dan dekat dengan sesamanya. Ketika seseorang yang berqorban menyembelih hewan qorbannya maka Ia membaca: “Sesungguhnya solatku, ibadahku (qurbanku), hidupku dan matiku untuk Allah”. Dan setelah hewan qorban disembelih, Ia bagikan dagingnya kepada orang yang kurang mampu sebagai bentuk kecintaan dan kepedulian mereka terhadap sesama. Ibadah qurban mendidik setiap muslim untuk bersikap rela berkorban dalam melaksanakan ibadahnya hanya kepada Allah SWT.

KH. Karim umar pimpinan pondok pesantren raudhatul ulum saka tiga Ogan Ilir. menerangkan Manfaat ibadah qurban sangat banyak antara lain:

 

  1. Mempererat Ukhuwah atau persatuan dan kesatuan. Sebagai bangsa yang plural (Bhinneka Tunggal Ika), kita harus sadar bahwa, kita berasal dari diri yang satu, yaitu Nabi Adam AS. Karena itu kita adalah saudara.
  2. Kepedulian sosial (empati atau sodaqoh) yaitu berbagi terhadap sesama mengandung makna “empati” atau kepedulian sosial yang diwujudkan dalam bentuk sodaqoh. Kerelaan untuk memberikan sebagian yang kita miliki kepada orang lain yang sedang dalam kesulitan baik berupa materi maupun non materi yang hanya mengharap rido Allah SWT semata.
  3. Bekerja keras disertai profesionalitas. Ibadah qurban melatih kita untuk tetap bekerja keras guna memperoleh rizki, harta, kekayaan yang bias digunakan untuk membeli hewan qurban.
  4. Ikut serta dalam melestarikan tradisi kebaikan dan kemaslahatan umat manusia. Ibadah qurban mendidik setiap muslim untuk memelihara kewajiban dan tanggung jawab dalam melestarikan tradisi yang baik dan bermanfaat. Ketaatan dan ketulusan yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail kepada Allah SWT dalam melaksanakan perintah-Nya.

Setelah pelaksanaan shalat Idul Adha dilaksanakan penyembelihan hewan qurban di halaman Masjid  At-Taqwa. Danyonkav 5/Serbu Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra menyerahkan secara simbolis satu ekor sapi hewan qurban antara lain: Dari perorangan sejumlah 9 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Selanjutnya dagingnya dibagikan kepada Warga kampung sekitar Asrama militer Yonkav 5/Serbu.

IMG_6465

Penyerahan Simbolis Satu ekor Sapi dari Danyonkav 5/Serbu

Belum ada komentar

Berilah komentar yang pertama dengan mengisi form di bawah.

Beri komentar