Tradisi

Tradisi Penerimaan Anggota Baru

1. Penjemputan dan pembukaan orientasi

a) Perwira / Bintara / Tamtama baru yang akan diterima di Batalyon Kavaleri-5/Serbu dilaksanakan penjemputan dengan menggunakan kendaraan dari satuan yang telah disiapkan ( untuk Bintara dan Tamtama dijemput dari Pusdikkav, sedangkan untuk Perwira dijemput di Makodam II/Sriwijaya)

b) Sebelum sampai di Mayonkav-5/Serbu Karang Endah, personel baru diturunkan di daerah Gelumbang, selanjutnya melaksanakan lari sampai di Mayonkav-5/Serbu

c) Setelah sampai pintu gerbang pos I, personel baru laporan kepada Perwira Piket Batalyon, dipimpin yang tertua, dilanjutkan dengan berjalan melewati penjagaan dan disambut oleh anggota Yonkav-5/Serbu di kiri dan kanan jalan

d) Selanjutnya personel baru akan diberi pengarahan oleh Pasi-3/Pers masalah administrasi dan tempat tinggal maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan yang akan dilakukan

e) Diadakan pengecekan kesehatan terhadap personel yang baru masuk di Kesdam II/ Swj

f) Melaksanakan kesemaptaan awal

g) Acara pembukaan masa orientasi

2. Penutupan orientasi

Perwira / Bintara / Tamtama baru yang telah selesai masa orientasinya maka diadakan acara tradisi penutupan orientasi, kegiatan-kegiatannya meliputi:

a) Personel baru diberikan briefing singkat mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pa Koordinator

b) Personel baru melaksanakan pergeseran kedudukan menuju ke tempat yang akan digunakan untuk berbivak dengan menggunakan pakaian PDLT bersenjata, khusus untuk Perwira dan bintara di bekali GPS untuk melaksanakan navigasi darat menuju tempat berbivak, sedangkan Bintara dan Tamtama cukup diarahkan oleh Koordinator.

c) Personel baru melaksanakan berbivak di daerah Gelumbang.

d) Personel baru melaksanakan pemanasan untuk persiapan pelaksanaan lari menuju Mayonkav-5/Serbu.

e) Personel baru melaksanakan lari menuju Mayonkav-5/Serbu dan diamankan oleh Provoost dan tim kesehatan selama perjalanan, personel baru dikenalkan dengan obyek-obyek vital serta satuan-satuan tetangga yang berada di sepanjang jalan yang dilewati

f) Sebelum masuk pintu gerbang kesatrian maka personel baru dihentikan di depan pintu masuk pengawalan dan melaksanakan penyucian diri di kolam belakang penjagaan.

g) Setelah melaksanakan penyucian diri di kolam belakang penjagaan selanjutnya personel baru menuju pintu satu untuk melaksanakan laporan kepada Perwira Piket Batalyon dan dilanjutkan berjalan menuju lapangan upacara dengan disambut seluruh anggota di samping kanan dan kiri jalan.

h) Personel baru melaksanakan upacara penutupan orientasi, dengan susunan acara sebagai berikut :

  1. Penghormatan pasukan.
  2. Laporan Komandan Acara.
  3. Pelepasan tanda peserta orientasi.
  4. Penyiraman air bunga, pemberian air susu, dan pemakaian baret oleh Inspektur Acara.

    Pengobar semangat

    Di sini, di tempat kita semua berbakti pada Bumi Dwipangga Ceta, dalam cerahnya mentari serta disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, kita sebagai Bhayangkari Negara dan Bangsa yang juga sebagai Prajurit Yonkav-5/Serbu akan berikrar

    Di hadapan Sang Merah Putih, untuk tetap mempertahankan tanah air dalam satu kesatuan yang utuh yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia, untuk tetap mengibarkan Sang Merah Putih sampai tetes darah berhenti mengalir.

    Di hadapan Tunggul Dwipangga Ceta Batalyon Kavaleri-5/Serbu untuk tetap menjunjung tinggi Korps Baret Hitam dan akan setia sepanjang masa.

    Prajurit Kavaleriku, hidup tak ubahnya bagai ombak dilautan yang ditempa badai dan topan menerjang. Kalau kau selalu ragu dalam mengambil keputusan bersiaplah engkau lenyap ditelan lautan.

    Bangsa ini hanya butuh prajurit berprestasi, berani mengambil keputusan yang tepat dan cepat untuk menghadapi tantangan didepanmu.

    Kalian adalah insan hamba Tuhan yang memiliki cipta, rasa dan karsa oleh karena itu bangun dan tumbuhkembangkan kecintaan terhadap Batalyon Kavaleri-5/Serbu dan kepada tanah air yang kita cintai.

    Karenanya pada pagi ini saya mengajak kalian untuk bersama-sama berikrar agar jangan ada keraguan lagi pada diri kita.

    Maju terus pantang mundur,

    Rawe-rawe rantas malang-malang putung,

    Patah tumbuh hilang berganti,

    Jaya dimasa perang berguna dimasa damai

  5. Pembacaan ikrar diikuti oleh seluruh personel baru.

    Ikrar

    Kami Prajurit Yonkav-5/Serbu Dwipangga Ceta berikrar :

    1. Akan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai moral yang berdasarkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    2. Untuk senantiasa meningkatkan profesionalisme, guna mendukung keberhasilan tugas pokok Yonkav-5/Serbu.
    3. Akan selalu menjadi Prajurit Yonkav-5/Serbu yang bermoral, solid, profesional, militan, dan dekat dengan rakyat.
    4. Senantiasa menjaga kehormatan satuan Yonkav-5/Serbu dengan tidak melakukan perbuatan yang tercela.
  6. Penciuman Bendera Merah Putih diiringi lagu Bagimu Negeri (paduan suara)
  7. Amanat
  8. Laporan Komandan Acara
  9. Penghormatan pasukan
  10. Doa
  11. Acara penutupan Orientasi selesai

Halaman: 1 2 3 4